Kenapa MySQL ?

Ingat gak, jika kita akan menginstall sebuah server seperti WEB Server, Mail Server, FTP Server, dan Proxy Server maka kita tidak lepas dari yang namanya MySQL , Apache , PHP.


MySQL termasuk salah satu database utama yang digunakan di Indonesia terutama dikalangan developer PHP. Ini disebabkan native integration antara PHP dan MySQL serta banyaknya hosting yang menyertakan kedua produk tersebut karena bebas lisensi dan sudah terbukti tangguh dan efisien.


Website komunitas MySQL Indonesia yang terpisah dari komunitas PHP dapat Anda kunjungi di http://groups.google.com/group/mysql-indonesia


MySQL sendiri merupakan database server-client yang cukup tangguh,

berikut beberapa keistimewaan,adalah :

  1. Portabilitas. MySQL dapat berjalan stabil pada berbagai sistem operasi seperti Windows, Linux, FreeBSD, Mac Os X Server, Solaris, Amiga, dan masih banyak lagi.
  2. Perangkat lunak sumber terbuka (Open Source). MySQL didistribusikan sebagai perangkat lunak sumber terbuka, dibawah lisensi GPL sehingga dapat digunakan secara gratis.
  3. Multi User dan Multi Thread. MySQL dapat digunakan oleh beberapa pengguna dalam waktu yang bersamaan dengan proses yang bersamaan pula tanpa harus mengantri satu demi satu sehingga proses lebih cepat meski harus dilakukan secara bersama.
  4. Performance tuning, MySQL memiliki kecepatan yang menakjubkan dalam menangani query sederhana, dengan kata lain dapat memproses lebih banyak SQL per satuan waktu.
  5. Beragam tipe data. MySQL memiliki beragam tipe data dan sangat kaya, seperti signed / unsigned integer, float, double, char, text, date, timestamp, dan lain-lain.
  6. Perintah dan Fungsi. MySQL memiliki operator dan fungsi secara penuh yang mendukung perintah Select dan Where dalam perintah (query).
  7. Keamanan. MySQL memiliki beberapa lapisan keamanan seperti level subnetmask, nama host, dan izin akses user dengan sistem perizinan yang mendetail serta katasandi terenkripsi.
  8. Skalabilitas dan Pembatasan. MySQL mampu menangani basis data dalam skala besar, dengan jumlah rekaman (records) lebih dari 50 juta dan 60 ribu tabel serta 5 milyar baris. Selain itu batas indeks yang dapat ditampung mencapai 32 indeks pada tiap tabelnya.
  9. Konektivitas. MySQL dapat melakukan koneksi dengan klien menggunakan protokol TCP/IP, Unix soket (UNIX), atau Named Pipes (NT).
  10. Lokalisasi. MySQL dapat mendeteksi pesan kesalahan pada klien dengan menggunakan lebih dari dua puluh bahasa. Meski pun demikian, bahasa Indonesia belum termasuk di dalamnya.
  11. Antar Muka. MySQL memiliki antar muka (interface) terhadap berbagai aplikasi dan bahasa pemrograman dengan menggunakan fungsi API (Application Programming Interface).
  12. Klien dan Peralatan. MySQL dilengkapi dengan berbagai peralatan (tool)yang dapat digunakan untuk administrasi basis data, dan pada setiap peralatan yang ada disertakan petunjuk online.
  13. Struktur tabel. MySQL memiliki struktur tabel yang lebih fleksibel dalam menangani ALTER TABLE, dibandingkan basis data lainnya semacam PostgreSQL ataupun Oracle.

Setting MySQL Agar Dapat Diakses melalui Komputer Lain / Aplikasi di Tempat Lain

Pada prinsipnya MySQL dijalankan di server (Server Side) sehingga hak akses yang digunakan sebenarnya lokal. Hal itu jadi berbeda kalau kita ingin mengakses MySQL secara Client Side (Komputer lain). Misalnya ingin mengakses database dari sebuah PC dengan menggunakan Management Parkir di komputer lain, maka kita harus mempersiapkan MySQL yang bisa diakses melalui jaringan, Yaitu :

  1. Menambah Ijin di Firewall Windows
  2. Menambahkan User Pemakai di MySQL untuk komputer lain (bukan lokal).

Menambahkan Ijin Penggunaan MySQL di Firewall.

WinXP :

  1. Buka Control Panel
  2. Buka Windows Firewall
  3. Pilih Tab - Exceptions
  4. Click Add Program
  5. Click Browse
  6. arahkan ke tempat instalasi MySQL misal : "C:\Program Files\MySQL\MySQL Server 5.7\bin"

Win 8

  1. Buka Control Panel
  2. Buka Windows Firewall
  3. Click Allow App or feature through Windows Firewall
  4. Click Change Settings
  5. Click Allow another App
  6. Click Browse
  7. arahkan ke tempat instalasi MySQL misal : "C:\Program Files\MySQL\MySQL Server 5.7\bin"


Menambahkan User Pemakai di MySQL untuk komputer lain (bukan lokal).

Menggunakan Software PHP MyAdmin
  1. ketik localhost\phpmyadmin di browser (IE or Mozzila or Chrome)
  2. Click Previliges
  3. Click Add New User
  4. Ketik User Name dan Password sesuka anda
  5. Pilih Host - Any Host
  6. Pilih None - di Database for User
  7. Click Check All - di Global Previliges


Tidak ada komentar: